Welcome

Welcome to my blog I hope you get useful knowledge from this blog. Follow me at @stephenanggara
selamat datang di blog saya, saya harap anda mendapatkan pengetahuan yang berguna dari blog saya. Ikuti saya di twitter @stephenanggara

sinZ

Rabu, 26 Oktober 2011

Sudah 10 Tahun Berkiprah, Microsoft Ingin Hilangkan Windows XP


Tidak terasa, Windows XP sudah berumur 10 tahun. Walau sudah banyak upgrade Windows lainnya, namun XP tampaknya masih banyak sekali digemari oleh pengguna. Windows XP hadir pada Oktober 2001, yang hanya dalam hitungan beberapa tahun saja mendominasi pangsa pasarnya. Sedangkan versi selanjutnya, Vista, tampaknya kurang diminati dan gagal mendapat perhatian khusus. Tidak mau jatuh ke lubang yang sama Microsoft benar-benar bekerja keras untuk meluncurkan versi berikutnya, Windows 7.
Windows 7 tampaknya berhasil di pasaran dan banyak pengguna berpindah hati ke versi terbaru ini. Namun dengan kestabilan, kemudahan untuk digunakan sehari-hari, dan juga tampilan yang familiar pada Windows XP membuat pengguna masih banyak yang setia dengan XP. Diketahui melalui sebuah analisis dari Net Application bahwa XP masih memegang 47.29% pangsa pasar, diikuti oleh Windows 7 30.36%, Windows Vista 8.51% dan Mac OS X 10.6 dengan 3.31%. Sedangkan statistik yang diberikan oleh StatCounter mengatakan bahwa Windows 7 memiliki 40.39% pasar, diikuti oleh Windows XP 38.54%, Windows Vista 11.19%, dan Mac OS X 7.19%.
Keinginan menggebu Microsoft untuk mengakhiri Windows XP tampak dari Microsoft Download Center yang menawarkan Windows XP End of Support Countdown Gadget, yang memberitahukan hitungan mundur dari support resmi untuk OS ini pada akhir tahun 2014. Selain itu browser terakhir dari Microsoft, Internet Explorer 9 pun tidak akan dapat berjalan pada XP.
Tampaknya Microsoft inginkan penjualan meningkat ketika Windows 8 keluar, kemungkinan tahun depan, yang merupakan OS yang dikembangkan untuk dapat berjalan pada PC dan tablet.